Kerajinan Limbah Tempurung Kelapa

Tempurung kelapa bagi sebagian masyarakat biasa disebut juga dengan tempurung. Tempurung banyak terdapat di daerah pesisir pantai yang ditumbuhi pohon nyiur atau pohon kelapa. Indonesia tergolong negara maritim karena dikelilingi oleh lautan sehingga pohon kelapa dapat dengan mudah dijumpai.

Pengolahan tempurung kelapa memang tidak semudah yang dibayangkan. Namun, selain alat tradisional yang digunakan untuk mengeruk bagian luar tempurung juga ada alat mesin yang meng- gunakan teknologi tepat guna untuk menghaluskan permukaan tempurung kelapa.

Bahan-bahan yang dibutuhkan untuk membuat kerajinan dari tempurung kelapa cukup mudah untuk didapatkan, seperti lem kayu, tempurung kelapa, dempul, melanin/politur, amplas, dan cat. Selain itu, untuk pembuatan produk meja dan lemari kecil diperlukan texwood untuk dijadikan rangka kerajinan, sedangkan bagian luarnya ditempeli tempurung kelapa. Agar terlihat artistik, serat dari tempurung kelapa harus ditonjolkan. Pada bagian serat itulah melekat nilai seni kerajinan ini, selain bentuk bentuk unik yang dapat dibuat.


Hasil gambar untuk kerajinan tempurung kelapaHasil gambar untuk kerajinan tempurung kelapa

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Miniatur Pulau dari Plastisin

Prinsip Kerajinan Bahan Lunak

Jenis-jenis Kacang-Kacangan dan Manfaatnya